THE HOLE OF SCIENCE

THE HOLE OF SCIENCE

Sabtu, 25 September 2010

BAB 2. MENGGUNAKAN INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI (XI)

A. MENDESKRIPSIKAN PELAYANAN WORLD WIDE WEB (WWW) SEBAGAI SUMBER INFORMASI
Kemampuan Internet boleh dikatakan tidak terbatas dalam mengolah informasi dan mempunayai sumber data yang tidak sedikit. Sumber daya Internet yang umum digunakan saat ini, yaitu e-mail, World Wide Web (WWW), FTP, Mailing List, dan Telnet. World Wide Web atau biasa disebut dengan web meruoakan salah satu layanan yang diperoleh pengguna komputer yang terhubung dengan Internet. Protokol yang biasa digunakan web disebut HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP. Halaman Web adalah halaman yang tampak dari sebuah software web browser. Halaman ini seperti file dokumen word-processing, kecuali didalamnya dapat terkandung text, gambar bahkan animasi. Untuk dapat membuat halaman web ini anda harus memiliki pengetahuan tentang skrip (script) HTML (hyper-text markup language). HTML akan dibahas lebih mendetail dalam bagian lain di mata kuliah ini.

Situs Web terdiri dari beberapa halaman web yang saling terkait (linked) antara yang satu dengan yang lain dengan satu cara tertentu. Kebanyakan orang masih rancu dengan definisi ini sehingga mempersulit pemahaman selanjutnya.

Salah satu keunggulan World Wide Web adalah hyperlink. Hyperlink adalah teks (biasanya) berwarna biru dan (biasanya) bergaris bawah yang dapat di-click dan akan menuju ke halaman web yang lain. Hyperlink ini apat diletakkan di mana saja di dalam halaman web dan boleh diatur untuk menuju ke mana saja di seluruh web. Saat anda mengunjungi sebuah halaman web, anda dapat secara langsung meng-click sebuah hyperlink dan komputer ini akan mengambil (mendownload) situs/halaman yang dilink pada hyperlink tersebut dan menampilkannya di web browser.

Umumnya, perancang situs web meletakkan banyak hyperlink di situs mereka untuk membantu para pengunjung situsnya untuk menemukan situs lain yang terkait dengan situs tersebut. Hyperlink-hyperlink ini dapat menghubungkan dengan situs lain di server lain di seluruh dunia.



Berikut ini beberapa bidang yang mendapatkan manfaat dari penggunaan Internet.
a. Bidang akademis
b. Bidang ekonomi dan bisnis
c. Bidang keagamaan
d. Bidang sosial
e. Bidang komunikasi
f. Bidang hiburan






B. MENGGUNAKAN MENU DAN FASILITAS PADA WEB BROWSER UNTUK MENGAKSES WEBSITE
a. Title bar
Merupakan judul dari halaman web yang sedang dibuka.
b. Menu bar
Berisi menu-menu utama, seperti manu File, Edit, View, dan menu lainnya.
c. Toolbar
Merupakan tombol-tombol standar yang sering digunakan pada saat browsing dan sebagai jalan pintas (shortcut) untuk mengakses menu-menu yang ada dalam bentuk button.
d. Address bar
Berfungsi untuk menunjukkan atau menuliskan alamat situs atau halamn web yang ingin ditampilkan.
e. Workspace
Merupakan ruang utuk menampilkan informasi dari halaman yang sedang kamu kunjungi.
f. Status bar
Berfungsi untuk menampilkan status dari situs web yang kamu buka


C. MENDESKRIPSIKAN PENGERTIAN URL DAN HOMEPAGE

1. Mengenal URL
URL (Universal Resource Locator) merupakan alamat sebuah situs atau dokumen dari sumber lainnya di Internet yang terdapat pada web. URL adalah konsep nama file standar yang diperluas dengan jaringannya.
2. Mengenal Homepage
Informasi-informasi yang terdapat di WWW dikemas dalam bentuk halaman-halaman web (web page). Sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan diletakkan dalam sebuah situs web (website). Homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan kamu lihat jika sebuah situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam World Wide Web.

D. MENDESKRIPSIKAN HYPERTEXT DAN HTML
1. Mengenal Hypertext
Di dunia web, hypertext berarti teks yang dilengkapi dengan link atau hubungan dengan tempat tujuan.
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah Protokol untuk mendownload file ke computer. Hypertext merupakan format teks yang umum digunakan di Internet.
2. Mengenal HTML
Halaman web adalah sebuah dokumen HTML. HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda (disebut sebagai tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan dengan benar.
Terdapat dua cara untuk membuat sebuah halaman web, yaitu dengan editor teks biasa, misalnya notepad dan editor HTML.

E. MENGENAL BEBERAPA STUS YANG MENYEDIAKAN FASILITAS SEARCH ENGINE
Search engine adalah situs khusus di Internet yang dirancang untuk membantu para pengguna Internet untuk menemukan informasi yang tersimpan di halaman situs lain.

Dari sekian banyak mesin pencari, yang paling popular diantaranya, yaitu :
• Google, beralamat di www.google.com
• Yahoo, beralamat di www.yahoo.com
• Alltheweb, beralamat di www.alltheweb.com
• Excite, beralamat di www.excite.com
• Lycos, beralamat di www.lycos.com
• Altavista, beralamat di www.altavista.com

F. MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE DALAM MENGAKSES INFORMASI DARI INTERNET
Search Engine selalu digunakan oleh pengguna Internet untuk mencari arti atau uraian dari sebuah kata kunci. Search engine memiliki tiga komponen penting, yaitu :
• Laba-laba (spider) yang disebut juga crawler.
Elemen spider mengerjakan akses ke situs-situs web, membaca isinya, dan kemudian mengikuti link-link yang terdapat pada situs.
• Indeks.
Indeks disebut juga katalog yang mirip dengan sebuah buku raksasa, berisi
• Software dari search engine itu sendiri.

G. MENGELOLA INFORMASI YANG DIPEROLEH.
1. Menyimpan Informasi
• Aktifkan web browser pada halaman yang kamu sukai.
• Setelah tampilan web muncul secara utuh, klik File pada pull-down menu, dan pilih Save As.
• Selanjutnya simpan Web Page dan beri nama, klik Save.
Terdapat berbagai jenis penyimpanan yang disediakan, yaitu sebagai berikut :
a. Web Page Complete (*.htm, *.html)
Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan halaman web secara lengkap.
b. Web Archive, Single File (*.mht)
Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan halaman secara lengkap dalam satu kesatuan file dengan extension *.mht.
c. Web Page HTML Only (*.htm, *.html)
Fasilitas ini digunakan hanaya untuk menyimpan file html.
2. Mencetak Informasi
• Klik menu File
• Klik Print
• Pilih jenis printer yang akan digunakan lalu klik tombol Print.

(Internet Relay Chat) menyediakan suatu cara untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang di seluruh dunia. Terdiri dari bermacam-macam "network" (jaringan atau "nets") IRC server, mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC. Nets yang terbesar adalah EFnet (IRC net yang pertama, yang kadang-kadang memiliki lebih dari 32000 pengguna IRC dalam satu saat), Undernet, IRCnet, DALnet

Sang pengguna (Anda misalnya) memiliki suatu program (yang disebut "client") untuk menghubungkan Anda dengan suatu server dari salah satu IRC nets tersebut di atas. Server-server tersebut yang anak menghantarkan informasi-informasi ke dan dari satu server ke server yang lain di dalam net yang sama.


Pada awalanya internet adalah sebuah proyek yang dimaksudkan untuk menghubungkan para ilmuan dan peneliti di Amerika, namun ini telah tumbuh menjadi media komunikasi global yang dipakai semua orang di muka bumi. Pertumbuhan ini membawa beberapa masalah penting mendasar, diantaranya kenyataan bahwa internet tidak diciptakan pada jaman Gaphical User Interface (GUI) seperti saat ini, Internet dimulai pada masa dimana orang masih menggunakan alat-alat akses yang tidak user-friendly yaitu terminal berbasis teks serta perintah-perintah command line yang panjang-panjang serta sukar diingat, sangat berbeda dengan komputer dewasa ini yang menggunakan klik tombol mouse pada layar grafik berwarna.

Kemudian orang berpikir untuk membuat sesuatu yang lebih baik. Popularitas Internet mulai berkembang pesat seperti jamur di musim penghujan setelah standar baru yaitu HTTP dan HTML diperkenalkan kepada masyarakat. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) membuat pengaksesan informasi melalui protokol TCP/IP menjadi lebih mudah dari sebelumnya. HTML (Hyper Text Markup Language) memungkinkan orang menyajikan informasi yang secara visual lebih menarik. Pemunculan HTTP dan HTML kemudian membuat orang mengenal istilah baru dalam internet yang sekarang menjadi populer, bahkan sedemikian populernya sehingga sering dianggap identik dengan internet itu sendiri, yaitu World Wide Web (WWW).



DAFTAR SUMBER DAYA INTERNET

Email singkatan dari elektronik mail yg artinya surat elektronik. Email dikirim bukan melalui kantor pos atau jasa pengiriman tetapi melalui jaringan internet dan semuanya slalu berhubungan langsung dengan internet. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet. Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan.
Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu. Dengan fasilitas ini pula Anda dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat.


FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini digunakan untuk menghubungkan ke server computer tertentu dan bila perlu menyalin (download) file yang Anda butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer Anda

Mailing list sebagai salah satu ajang berkomunikasi bagi para pengguna dan kontributornya

IRCClient-client yang direkomendasikan:
1. UNIX/Shell: ircII
2. Windows: mIRC or PIRCH
3. Macintosh: Ircle

telnet adalah salah satu fasilitas yang sering digunkan untuk meromote computer dalam suatu jaringan melalaui underdos (CMD),

Gopher adalah sistem dimana pemakai dapat mengakses informasi di komputer lain. Beda gopher dengan web adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, melainkan hanya teks. Oleh sebab itu gopher mulai banyak ditinggalkan para pemakai internet saat ini.

World Wide Web disingkat Web adalah bagian yang paling menarik dari internet. Melalui web anda bisa mengakses informasi-informasi tidak hanya berupa teks, tapi juga gambar-gambar, suara, film, dan lain-lain. Untuk mengakses web dibutuhkan software yang disebut browser. Browser terpopuler saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator.
Protocol adalah suatu mekanisme yang sudah distandarkan untuk mentransfer atau memanipulasi data. Contoh : server dan browser WWW harus mendukung protocol HTTP agar dapat digunakan.

HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah suatu protokol internet yang digunakan oleh World Wide Web. Dengan protokol ini sebuah web client (dalam hal ini browser) seperti Internet Explorer atau Netscape dapat melakukan pertukaran data hypermedia, seperti teks, gambar, suara, bahkan video dengan Web server.

Host adalah alat yang memiliki Internet Protocol (IP) address di suatu network TCP/IP atau Internet. Alat (device) tersebut dapat berupa komputer, router, antena, modem, printer. Misal : IP Address dari TELKOM adalah 202.134.0.155, jika semua alamat situs berfomat seperti ini, tentu kita kesulitan dalam mengingat namanya, untuk itulah diperlukan hostname sebagai alat bantu. Jika kita mau membuka situs syscom, kita cukup ketik http://www.syscom.co.id. [path/[filename]] adalah lokasi penyimpanan dan nama file pada suatu server.
HyperText Markup Language (HTML) Halaman web adalah sebuah dokumen HTML, artinya, untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Language), yaitu suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut sebagai Tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar. Dokumen HTML sebenarnya hanya berupa dokumen teks biasa (tujuannya agar dapat dengan mudah dipindah-pindahkan antar berbagai platform), namun kelebihannya dari dokumen yang lain adalah: dengan HTML dapat dilakukan pemformatan teks, peletakan gambar, suara dan elemen-elemen multimedia yang lain, dan yang terpenting adalah hypertext, yakni teks yang berfungsi sebagai suatu penghubung (hyperlink atau link) antara halaman web yang satu dengan halaman web lainnya.

Manfaat Internet

Bidang pendidikan :
Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu
a. sebagai media interpersonal dan massa;
b. bersifat interaktif,
c. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.


Bidang Bisnis
Manfaat internet sangat tergantung pada produk dan jasa yang akan ditawarkan. Produk yang satu memanfaatkan Internet secara berbeda dengan produk yang lainnya. Tipe atau jenis usaha pun akan turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan Internet sebagai sarana bisnisnya, apakah dia seseorang pemasok, distributor atau seorang pengecer.
Berikut ini adalah contoh pemanfaatan dan manfaat Internet sebagai media bisnis:
*) Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan
Untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah. Perjuangan untuk memperoleh pelanggan harus melalui berbagai usaha termasuk menganalisa pasar secara hati-hati, pemasaran produk dan mempunyai uji coba basis pelanggan. Internet merupakan salah satu alternatif wadah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk basis pertemuan jutaan orang di seluruh dunia. Dengan demikian untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dengan adanya kelompok yang besar di Iternet tersebut.
*) Analisa produk dan pasar
Internet dapat dijadikan tempat yang baik utuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelangganya. Analisa pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam pengembangan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Setelah produk itu diluncurkan maka perusahaan pun dapat memperoleh umpan balik sebesar tingkat kepuasan konsumen terhadap produk baru tersebut. Selain itu perusahaan juga dapat mempelajari produk pesaing dengan menelusurinya di Internet. Pemakai Internet dapat memanfaatkan informasi yang ada untuk melakukan analisa produk dan persaingannya. Hal ini sangat mempengaruhi munculnya lowongan untuk cari ide-ide baru!
*) Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya
Tidak sedikit pakar yang ada di Internet yang mempublikasikan karya-karya mereka untuk diketahui mereka untuk diketahui secara umum dan mudah diakses. Sangat sering pula kita memperoleh nasehat dan bantuan secara gratis dari para pakar tersebut tentang masalah yang kita hadapi. Jika kita membandingkannya dengan mendapatkan nasihat dari konsultan, maka kita harus membayar dengan harga sangat mahal.
*) Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja
Sekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak sekali daftar lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui Internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan
tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di Internet. Riwayat hidup tidak hanya dapat ditampilkan menggunakan web tetapi fasilitasnya juga ada di Internet seperti newsgroup atau usenet.
*) Akses informasi dan penyebaran informasi
Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita semua dapat mengakses informasi dan menyebarkan informasi dari dan ke penjuru dunia dan juga dapat membuat hubungan secara interaktif dan langsung melalui komputer. Kontak secara interaktif tersebut akan menarik dengan adanya penggunaan chat dan video conferencing. Akses dan penyebaran informasi melalui Internet dapat terjadi secara murah dan dapat langsung diakses melalui jarak yang jauh.
*) Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan biaya murah
Berbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi yang dilakukan di internet. Internet dapat juga digunakan untuk mentransfer dokumen secara online dalam waktu yang singkat. Seringkali ditemukan keterlambatan atau gagal sampai ke tujuan dalam pengantaran dokumen melalui jasa pengantar seperti pos atau perusahaan jasa lainnya.
*) Peluang bisnis baru
Banyak yang secara terus menerus memanfaatkan Internet untuk mencari ide-ide inovatif dan baru. Pemakai Internet sering memperoleh ide baru tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya di Internet tetapi juga ada nya suasana kooperatif di antara pemakai internet. Internet sering pula
dijadikan forum komunikasi di antara para peminat di bidang masing-masing.
Dari forum-forum komunikasi tersebut sering pula menimbulkan ide produk yang baru dan inovatif. Banyak fasilitas aplikasi yang tersedia di Internet di antaranya FTP, gopher, usenet, telnet, WWW. Dari berbagai fasilitas ada, WWW merupakan aplikasi yang paling banyak dipakai para pemakai individual maupun profesional atau bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar