THE HOLE OF SCIENCE

THE HOLE OF SCIENCE

Minggu, 26 September 2010

BAB 5. MEMBUAT HOMEPAGE SEDERHANA

MEMBUAT HOMEPAGE SEDERHANA
  • Tiga tools atau alat Bantu yang digunakan untuk membantu pengembangan homepage, yaitu editor HTML, graphics, dan multimedia animasi dan suara.
  • HTML merupakan bahasa markup sederhana yang digunakan untuk membuat dokumen hypertext yang bersifat portable dari satu platform ke platform lain.
  • Image editor atau image editing digunakan untuk menciptakan dan memanipulasi file-file gambar menggunakan computer.
  • Hyperlink digunakan sebagai alat navigasi halaman pada homepage.
  • Tag merupakan elemen dalam HTML yang merupakan perintah perintah kepada webbrowser untuk menampilkan teks, gambar, atau link. Tag dimulai dengan karakter <>.
  • CSS (Cascading Style Sheet) merupakan sebuah file yang berisi sekumpulan perintah untuk memformat bagaimana sebuah halaman web ditampilkan oleh web browser.
  • Untuk dapat mempublikasikan homepage yang telah dibuat melalui internet, kita perlu mempunyai alamat internet yang disebu domain.
  • Nama domain sangat spesifik atau bersifat unik.
  • Setelah memiliki domain, halaman web yang telah dibuat harus di-upload ke internet agar dapat diakses oleh banyak orang.
  • Web yang telah dipublikasikan di internet perlu untuk diperbaiki dan direvisi secara berkala untuk menjaga sajian informasi yang actual dan terpercaya.
CARA MEMBUAT HOMEPAGE
Bermacam-macam langkah yang digunakan profesi web kita untuk membuat suatu homepage. Berikut ini adalah proses secara umum yang dilakukan kebanyakan profesi web di Indonesia untuk membuat web.
  1. Membuat Sketsa Desain : Desainer bisa saja menuangkan ide dalam membuat interface suatu homepage dalam bentuk sketsa di kertas dahulu. Untuk kebanyakan orang, biasanya langkah ini dilewatkan dan langsung pada langkah membuat layout desain dengan menggunakan software.
  2. Membuat Layout Desain : Setelah sketsa sudah jadi, kita menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Fireworks dan Macromedia Freehand untuk memperhalus sketsa desain.
  3. Membagi gambar menjadi potongan kecil-kecil : Setelah layout desain homepage sudah jadi. File gambarb tersebut dipecah menjadi potongan kecil-kecil untuk mengoptimize waktu download. Untuk melakukan hal tersebut dapat menggunakan software Adobe Image Ready. Software ini dapat langsung memotong gambar yang besar tadi dan otomatis juga menjadikannya ke dalam format html. Langkah ini bisa saja dilewatkan bila ukuran gambar kita tidak terlalu besar.
  4. Membuat Animasi : Animasi diperlukan untuk menghidupkan homepage kita agar menarik pengunjung. Macromedia Flash dan Gif Construction Set dapat dipakai untuk melakukan hal tersebut.
  5. Membuat HTML : Setelah itu kita merapikan layout desain kita seperti menempatkan beberapa tombol dan gambar, menambah text, mengedit script HTML, membuat layout form ke dalam format HTML. Untuk itu kita perlu software HTML Editor seperti Macromedia Dreamweaver, Microsoft Frontpage dan Allaire Homesite.
  6. Programming dan Script : Untuk website e-commerce, iklan baris, lelang, database, membuat guestbook, counter dan forum diskusi. File HTML kita perlu programming untuk melakukan aktivitas semacam itu. Programming dan script ini bisa dibuat dengan menggunakan ASP, Borland Delphy, CGI, PHP, Visual Basic. Dan perlu diperhatikan bahwa programming dan script ini biasanya dilakukan setelah desain homepage kita telah jadi.
  7. Upload HTML : Setelah file kita telah menjadi html beserta gambar dan scriptnya. Kita perlu meng-upload file kita ke suatu tempat ( hosting ), agar semua orang di dunia dapat mengakses halaman html kita. Biasanya Macromedia Dreamweaver dengan fasilitas site FTP dan Microsoft Frontpage dengan Publishnya telah menyediakan fasilitas upload ini. Atau dapat menggunakan software seperti WS-FTP, Cute FTP, Bullet FTP.
  8. HOMEPAGE PRIBADI : Untuk homepage pribadi atau yang sekedar ingin coba-coba biasanya setelah file html sudah jadi dapat hosting di tempat-tempat gratis, memakai guestbook dan counter gratis dan menambah macam-macam accesories dalam mempercantik homepage pribadi tersebu



A. Menentukan Perangkat Lunak untuk Membuat Homepage

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat homepage:

  1. Tujuan dibuatnya homepage
  2. Orang yang menjadi target untuk melihat homepage kita
  3. Informasi yang akan ditampilkan dalam homepage
  4. Hasilnya mewakili satu halaman homepage dan dapat ditambah dengan hyperlink
  5. Buat kerangka homepage yang akan kita buat


3 kriteria tools atau alat bantu dalam pengembangan homepage:

1. Editor HTML
Digunakan untuk mendesain homepage diantaranya menggabungkan gambar, suara dan animasi dalam suatu halaman homepage. Editor HTML yang bersifat Graphical User Interface akan mengurangi waktu kita dalam proses penulisan sintaiks. Contoh produknya Microsoft FrontPage XP

2. Editor Graphics
Digunakan untuk megedit gambar yang akan ditampilkan pada homepage. Kita dapat memodifikasi warna, memotong gambar, memperbesar atau memperkecil gambar, menggabungkan beberapa gambar, memberi efek pada gambar sehingga siap ditampilkan pada homepage. Contohnya CorelDRAW dan Adobe Photoshop. Untuk pembuatan gambar dari homepage yang akan dikembangkan, kita dapat menggunakan Adobe Photoshop 7.0

3.
Editor Multimedia Animasi dan Suara
Digunakan untuk membuat animasi gambar dan suara. Macromedia Flash adalah editor animasi yang paling populer. Macromedia Flash tidak hanya digunakan untuk membuat animasi gambar dan suara tetapi juga untuk membuat suatu homepage multimedia. Kita dapat merubah animasi yang rumit sehingga dapat dikerjakan dengan baik.

B. Membuat Layout Homepage yang Diinginkan

Layout atau frame adalah bentuk format navigasi dari homepage yang akan ditampilkan.
Untuk melihat dan memilih jenis layout tersedia dalam Microsoft FrontPage XP, dapat kita lakukan pada saat akan membuat halaman atau website baru.
Langkah-langkah untuk melakukannya, yaitu :

  1. Pilih tombol start. All Programs.Microsof FrontPage XP. Selanjutnya, akan ditampilkan dokumen baru pada Microsoft FrontPage.
  2. Pilih menu File. New. Page or Web.
  3. Pilih Page Templates pada bagian New from template dari taskpane New Page or Web.
  4. Selanjutnya, akan ditampilkan kotak dialog Page Templates yang terdiri atas tiga tab, yaitu General, Frames Pages, dan Style Sheets.
  5. Pilih jenis frame yang kamu inginkan, kemudian klik tombol OK.

C. Menerapkan Hyperlink

Hyperlink digunakan sebagai alat navigasi halaman pada homepage. Lnagkah-langkah mermbuat hyperlink menggunakan Microsoft FrontPage XP, yaitu :

  1. Aktifkan aplikasi Microsoft FrontPage XP.
  2. Buat tulisan “Link ke halaman lain: pada dokumen baru yang ditampilkan pertama kali.
  3. Blok tulisan “Link ke halaman lain” dengan cara men-drag tombol kiri mouse.
  4. Tekan tombol CTRL+K pada keyboard sehingga akan ditampilkan kotak dialog Insert Hyperlink.
  5. Setelah file disimpan dan dijalankan, ketika kita klik “Link ke halaman lain” maka akan membuka halaman tujuan link tersebut.

Langkah-langkah untuk membuat hyperlink dengan tag HTML, antara lain :

  1. Aktifkan aplikasi Microsoft FrontPage XP.
  2. Buat tulisan “Link ke halan lain” pada dokumen baru yang ditampilkan pertama kali.
  3. Klik tab HTML di bagian bawah dokumen.
  4. Selanjutnya, akan tampil sintaks HTML.
  5. Letakkan kursor di depan kata “Link” dan di belakang tag pada sintaks HTML yang ditampilkan.
  6. Sebagai contoh, link tujuan kita adalah filejadwalpelajaran.htm. Ketikkan tag di depan kata “Link” dan dibelakang tag
  7. Letakkan kursor di belakang kata “lain” dan di depan tag .Ketikkan tag
  8. Klik tab normal di bagian bawah dokumen untuk melihat hasil akhir.

Link istilah singkat untuk hyperlink, merupakan serangkaian teks atau gambar yang terhubung dengan file atau halaman lain dalam satu atau beberapa dokumen.

Tag merupakan elemen dalam HTML yang merupakan perintah kepada web browser untuk menampilkan elemen teks, gambar, atau link. Tag dimulai dengan karakter <>. Dalam tanda < > tertulis perintah kepada web browser. Satu perintah terdiri atas dua tag, yaitu tag pembuka < > dan tag penutup . Contoh :
Hello World!


D. Menerapkan Cascading Style Sheet



Fungsi utama dari CSS adalah untuk melakukan pengaturan beberapa format, yaitu :

  • bentuk huruf,
  • ukuran huruf,
  • format huruf,
  • warna huruf,
  • warna background,
  • warna hyperlink,
  • format textbox.


Style Sheet merupakan file atau format yang menentukan layout dari sebuah dokumen. Style sheet biasanya disebut juga template.

CSS (Cascading Style Sheets) merupakan sebuah file yang berisi sekumpulan perintah untuk memformat bagaimana sebuah halaman web ditampilkan oleh web browser. Dengan kata lain, CSS merupakan rujukan format tampilkan halaman web. CSS dapat ditulis sendiri dalam satu file yang terpisah dari HTML atau ditulis langsung pada bagian head HTML. Karena sifatnya cascade (seperti air terjun), satu perintah CSS berlaku untuk semua bagian dalam dokumen HTML.
Head merupakan elemen HTML yang berisi informasi umum mengenai dokumen atau disebut juga meta-information. Meta berarti “informasi tentang”. Metadata adalah informasi tentang data, sedangkan meta-information berarti informasi tentang informasi. Web browser tidak menampilkan informasi yang terdapat dalam head kepada pengguna.
Tittle merupakan bagian dari head HTML yang berisi teks, digunakan untuk mendefinisikan judul sebuah halaman wrb yang akan ditampilkan pada tittle bar web browser.

Jenis-jenis CSS pada Microsoft FrontPage:

  1. Normal Style Sheet
  2. Arcs
  3. Bars
  4. Blocks
  5. Blueprint
  6. Capsules
  7. Downtown
  8. Expedition
  9. Highway
  10. Neon
  11. Poetic
  12. Street
  13. Sweet

  • Head merupakan elemen HTML yang berisi informasi umum mengenai dokumen atau disebut juga meta-information. Meta berarti “informasi tentang”. Metadata adalah informasi tentang data, sedangkan meta-information berarti informasi tentang informasi. Web browser tidak menampilkan informasi yang terdapat dalam head kepada pengguna.
  • Tittle merupakan bagian dari head HTML yang berisi teks, digunakan untuk mendefinisikan judul sebuah halaman wrb yang akan ditampilkan pada tittle bar web browser.

E. Pengertian Web Browser, Web Server, Offline, dan Online


  • Web browser adalah paket software yang membantu pengguna untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen yang tersimpan pada web server. Web server yang sering digunakan pada PC diantaranya, yaitu Internet Explorer, Opera dan Firefox.
  • Web server merupakan komputer yang bertugas melayani permintaan halaman web.
  • Offline merupakan kondisi ketika computer tidak terhubung dengan jaringan atau internet. Hal ini dapat berarti computer dalam status mati (off) atau nyala (on). Kebalikan dari offline adalah online.
  • Online merupakan kondisi ketika komputer sedang aktif, siap dioperasikan, dan terhubung ke dalam jaringan atau internet. Dalm status online, computer dapat berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan protokol tertentu dari TCP/IP.

F. Membuat Grafis Sesuai dengan Homepage yang Diinginkan



Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, merupakan sebuah web browser yang bersifat gratis dari Microsoft. IE tersedia untuk kebanyakan versi Microsoft Windows, tetapi Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi terbaru untuk semua platform, kecuali Windows XP.

Mozilla Firefox, yang aslinya bernama Phoenic dan kemudian untuk beberpa waktu dekinal dengan nama Mozilla Firebird, merupakan penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Sebelum dirilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangt baik dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta sampai 24 November 2004. Firefox 1.0 merupakan salah satu perangkat lunak gratis yang paling banyak digunakan diantara pengguna komputer di rumah.

G. Mendaftarkan Alamat Domain ke Provider Web Hosting


Untuk mempublikasikan homepage yang telah dibuat melalui internet, kita perlu mempunyai alamat internet yang disebut domain. Untuk mendapatkan alamat di internet, kita bharus membeli domain tersebut. Nama domain sangat spesifik atau bersifat unik.
Langkah-langkah yang digunakan untuk mendaftarkan alamat domain ke provider hosting, yaitu :
  1. Aktifkan Internet Explorer. Ketik http://www.register.com pada kotak URL pada web browser.
  2. Cari kotak pencarian domain. Lalu ketik nama domain yang akan kita cari.
  3. Jika berhasil maka hasilnya akan terbuka
  4. Ketik nama domain pada kotak TRY A NEW SEARCH, kemudian tekan tombol search.


World Wide Web Consortium (W3C) mengembangkan teknologi (spesifikasi, petunjuk – guide line, software dan tool) yang dapat dioperasikan pada platform mana pun, membawa web mencapai potensi yang utuh sebagai suatu forum informasi, commerce, komunikasi dan perjanjian bersama (collective understanding).

W3C dibentuk pada Oktober 1994, dengan jumlah anggota lebih dari 400 organisasi anggota dari seluruh dunia dan telah menghasilkan pengakuan internasional untuk konstribusinya pada perkembangan web. W3C saat ini merupakan badan resmi yang membuat standar web. W3C meletakkan gabungan spesifikasi dalam standar web. Berikut ini merupakan hasil dari W3C.
  • Standar web yang paling mendasar adalah HTML, CSS dan XML.
  • Standar HTML yang terakhir adalah XHTML 1.0

Wesite copier merupakan aplikasi yang digunakan untuk meng-copy sebuah website dari internet ke dalam harddisk.

Website file sharing merupakan website yang menyediakan fasilitas untuk menampung file dari seseorang untuk disebarluaskan dengan cara menyediakan link untuk men-donwload file tersebut kepada orang lain.

HTTP (Hyper Text Protocol) merupakan protocol yang digunakan pada World Wide Web (WWW).

H. Download dan Upload

Download merupakan proses meng-copy file komputer remote ke komputer lokal. Biasanya menggunakan jalur (protokol) HTTP, FTP, dan protokol lainnya.

Upload merupakan proses meng-copy file computer lokal ke komputer remote. Biasanya menggunakan jalur (protokol) HTTP, FTP, dan protokol lainnya. Upload merupakan kebalikan dari download.

I. User ID dan Password

User ID merupakan nama yang digunakan untuk mengakses sebuah computer. User ID dan password diperlikan dalam sistem multiuser yang memungkinkan para pengguna memilih user ID dan password-nya sendiri.

Password merupakan kata sandi untuk memverifikasi sebuah user ID sebelum log in ke dalam sistem computer multiuser. Berbeda dengan user ID, password tidak bersifat unik dan biasanya diizinkan menggunakan karakter-karakter khusus yang tidak terdapat pada keyboard.

BAB 4. MENCARI INFORMASI DAN BERKOMUNIKASI MELALUI INTERNET (XI)

Menggunakan Pelayanan Internet dalam Akses Informasi dan Komunikasi untuk Menyelesaikan Tugas-tugas yang Diberikan oleh Guru

Dengan adanya layanan internet, maka kamu dapat memperoleh informasi lebih cepat dan langsung ke sumbernya. Kita dapat mencari informasi tersebut dengan mesin pencari (search engine), seperti Google, Yahoo, atau mesin pencari yang lain.

1. Melakukan Pencarian Informasi Menggunakan Situs sesuai dengan Mata Pelajaran
Terdapat beberapa situs khusus membahas satu topic mata pelajaran atau masalah, antara lain sebagai berikut.
www.chem-is-try.org, membahas mengenai ilmu kimia.
www.ilmukomputer.com, membahas mengenai ilmu computer.
www.fisika.lipi.go.id, membahas mengenai ilmu pengetahuan.
www.invir.com, berisi contoh soal ujian atau ebtanas.

2. Melakukan Pencarian Informasi Menggunakan Mesin Pencari (Search Engine)

Selain menggunakan situs-situs pelajaran tertentu, kamu juga dapat mencari informasi pelajaran dari search engine. Dalam pembahasan kali ini, kita akan menggunakan Google untuk melakukan pencarian.
Langkah-langkah untuk menjalankan Google yaitu :
• Jalankan browser kamu.
• Ketikkan www.google.co.id pada Adress bar, kemudian tekan tombol Enter pada keyboard, maka akan muncul tampilan halaman depan Google.
Untuk melakukan pencarian di Google, ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
• Masukkan kata kunci pencarian pada kotak isian yang tersedia.
• Tekan tombol Enter pada Keyboard. Google akan melakukan pencarian dan segera menampilkan jasilnya.
• Klik salah satu Hyperlink hasil pencarian untuk menuju ke halamn web yang kamu maksud.

3. Fasilitas Khusus pada Google
Hasil pencarian yang lebih baik dapat kamu peroleh karena Google menyediakan fasilitas pencarian yang lebih canggih.

4. Trik Pencarian Melalui Google
Agar pencarian yang kamu lakukan melalui Google lebih efektif dan relevan, Google memfasilitasi diri dengan bantuan filterisasi atau penyaringan symbol matematika, tanda kutip, tanda (~), dan simbol Boolean.

a. Simbol Matematika (Tanda Plus (+))
Tanda plus (+) bekerja apabila kamu ingin mencari berbagai dokumen yang mempunyai lebih dari satu kata.

b. Simbol Matematika (Tanda Minus (-))
Simbol ini dapat diartikan “kecuali”, yang bekerja jika kamu tidak ingin menampilkan dokumen atau file yang berisi kata yang terdapat di belakang minus (-).

c. Tanda Kutip (“)

Jika kamu hanya ingin memperoleh halaman web yang mengandung kata majalah computer, dimana kedua kata tersebut terletak tidak terpisah dan serangkai.

d. Tanda (~)
Google juga mengembangkan teknik pencarian dengan sinonim dalam bahasa Indonesia. Penggunaan ini adalah dengan menambahkan tanda (~) di depan istilah yang akan kamu cari.

e. Operasi Boolean (OR) 

Operasi OR biasa diartikan “atau”, bekerja dengan cara yang sama dengan karakter spasi dalam simbol matematika.

B. Penggunaan Layanan Chatting untuk Berkomunikasi

Chatting merupakan salah satu aktivitas yang cukup popular di Internet, mereka berkumpul dari berbagai suku, bangsa, ras, umur, dan jenis kelamin. CHAT merupakan kependekan dari Conversational Hypertext Access Technology,yaitu suatu sistem yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna Internet di seluruh dunia secara real-time dan online. Kamu dapat berinteraksi langsung melalui e-mail atau group atau chatting. Salah satu program untuk chatting adalah mIRC. mIRC menyediakan antarmuka yang mudah digunakan untuk dapat berhubungan dengan jaringan IRC (virtual). Kamu dapat memperoleh program ini di http://www.mirc.com
Untuk melakukan chatting dengan menggunakan mIRC ikuti langkah-langkah berikut:
1. Jalankan program mIRC,setelah muncul jendelanya klik Continue

2. Lalu akan muncul mIRC options masukkan nama dan alamat e-mail kamu

3. Klik connect To Server,pilih Channel


C. Penggunaan Mailing List di YahooGroups untuk berkomunikasi
1. Membuat mailing list’
a. Jalankan browser, buka situs yahoogroups di http://groups.yahoo.com
b. Klik sign uin dan lakukan login
c. Klik create a group,klik salah satu kategori
d. Klik link internet,kli tombol place my group here
e. Ketikan nama milis kamu,deskripsikan singkat tenteng milis kamu kemudian klik Continue
f. Krtikkan huruf ke dalam kotak Words Verification lalu continue
g. Klik Customize Your Group-klik invite people to join
2. Berkirim e-mail menggunakan mailing list
a. Buka account e-mail kamu,ketikkan alamat milis kamu di kotak To
b. Klik tombol Send.setiap anggota milis akan menerima kiriman e-mail

BAB 3. MENGGUNAKAN E-MAIL UNTUK KOMUNIKASI (XI)


MENDESKRIPSIKAN FUNGSI E-MAIL SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI

Electronic Mail adalah salah satu fasilitas atau aplikasi yang paling banyak digunakan di Internet. Hal ini karena Email merupakan alat komunikasi yang paling murah dan cepat. Dengan Email kita dapat berhubungan dengan siapa saja yang terhubung ke Internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal(bila kita menggunakan line telepon atau ISDN). Email menggeser penggunaan telepon dan fax dimasa kini. Konsep Email adalah seperti kita mengirim surat dengan pos biasa, dimana kita mengirimkan ke kantor pos dengan dibubuhi alamat yang kita tuju. Dari Kantor Pos tersebut akan disampaikan ke Kantor Pos yang terdekat dengan alamat yang dituju dan akhirnya sampai ke alamat tersebut. Dan si penerima hanya membuka kotak pos-nya saja yang ada didepan rumah. Disini si Pengirim tidak tahu apakah si orang yang dituju tersebut sudah menerima surat tersebut, sampai surat itu dibalas. Dengan Email, data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Juga kita dapat mengirim file-file berupa program, gambar, graphik dan lain sebagainya. Kita juga dapat mengirim ke lebih dari satu orang sekaligus pada saat bersamaan dan kita juga tahu dalam hitungan detik, bahwa surat kita tersebut telah sampai ketujuannya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat penyediaan layanan e-mail yaitu:
a. Yahoo!
b. Gmail
c. Hotmail
d. Plasa

Menulis email sudah menjadi bagian dari pekerjaan kita beberapa tahun terakhir ini. Dunia menjadi semakin terlihat kecil dengan kemampuan email untuk mengirim dan menerima surat, data atau gambar ke suatu tempat yang bahkan tidak pernah kita ketahui sebelumnya.
Sebagai bagian dari pekerjaan, sudah seharusnya kita mencoba untuk mencari tahu bagaimana dalam menulis email yang baik dan benar.

Menggunakan Alamat Tujuan dan Subjek untuk Membuat E-mail

Hal yang harus diketahui sebelum mengirim e-mail ke seseorang adalah alamat e-mail dari orang tersebut. Jika kamu tidak mempunyai alamat e-mail maka proses pengiriman e-mail tidak akan pernah terjadi.

Terdapat banyak penyedia e-mail, antara lain sebagai berikut.
• Yahoo, beralamat di mail.yahoo.com
• Gmail, beralamat di mail.gmail.com
• Hotmail, beralamat di www.hotmail.com
• Plasa, berlayanan di www.plasa.com
Penyedia layanan e-mail tersebut pada umumnya mensyaratkan pengguna untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi ini akan mengumpulkan data-data pengguna, antara lain nama yang digunakan pada saat login (User ID), password, data diri pengguna (user), serta informasi lain yang dibutuhkan.
Nama login atau alamat e-mail pada umumnya terdiri atas dua bagian utama, yaitu nama mailbox dan nama computer di mana mailbox tersebut berada.
Format penulisan alamat e-mail dapat dituliskan sebagai berikut : namamailbox@namamailserver
Beberapa pengguna e-mail dapat membentuk kelompok yang diwakili oleh sebuah alamat e-mail. Kelompok semacam ini disebut dengan milis (mailing list). Tujuan dibuatnya sebuah milis adalah atas dasar kesamaan minat atau kepentingan dan biasanya dimanfaatkan untuk keperluan diskusi antara anggotanya.
Apa yang dimaksud dengan “Cc” dan “Bcc”?

Biasanya “Cc” (Carbon Copy) digunakan untuk orang yang anda tuju tapi tidak memerlukan reply (tanggapan) dari mereka atau hanya sekedar pemberitahuan saja. Sedangkan “Bcc” (Blind Carbon Copy) digunakan hampir sama dengan “Cc” tetapi dalam hal ini, penerima dalam “Bcc” tidak akan diketahui (terihat) oleh penerima yang ada di “To” atau “Cc” dan juga penerima “Bcc” tidak dapat melihat penerima lain yang ada di “Bcc” juga.

Menggunakan alamat tujuan & subjek untuk membuat e-maila.melakukan pendaftaran di yahoo mail-klik tombol start-klik browser website-buka situs yahoomail di http//mail.yahoo.com.

MELAKUKAN ATTACHMENT FILE DALAM E_mail

Melakukan Attachment:Attachment adalah suatu proses penyertaan data lain dalam pengiriman e-mail.Langkahnya:1. Buka mail box e-mail (yahoo).2. Pilih compose/new.3. Klik to, masukkan alamat yang di tuju.4. Tuliskan Subjectnya.5. Klik Attach Files.6. Pilih data yang ingin disertakan.7. Pilih send.Buat teman-teman yang masih pemula, berikut ini adalah cara mengirim email dan attachment (file lampiran) dapat berupa dokumen word, excel, powerpoint, dll. File gambar (jpg, bmp, gif, dsb), file multimedia misalnya format mp3, avi atau file terkompress (zip, winrar, 7zip) dan lain-lain. File-file lampiran tersebut dapat anda kirim sebagai file lampiran email gmail anda.Prosedur yang anda lakukan adalah:1. Login ke account email (gmail)anda, gunakan link berikut:http://www.gmail.com/2. masukkan username dan password gmail andaKlik tombol Masuk (Sign In)3. klik tombol Buat Surat untuk memulai menulis pesan (message)4. Pada bagian untuk : ketik alamat email tujuan (misalnya: muinzandi@yahoo.com)Email tambahan bisa di Cc atau di Bcc, misalnya : muinzandi@gmail.com, andimuinz@yahoo.com (penulisan email jika lebih dari satu dipisah dengan tanda koma)Keterangan:Bcc bisa anda gunakan jika ingin orang yang anda kirimi email tidak bisa mengetahui ke mana saja email tersebut anda kirimkan). sederhananya seperti ini, jika anda mengirim email ke 20 orang (alamat email), maka orang pertama tidak tahu ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian juga orang kedua tidak mengetahui ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian seterusnya.Jika menggunakan Cc maka 20 orang yang anda kirimi email mengetahui ke mana saja anda kirim email tersebut.d. Judul : diisi dengan topik/tema suratIsi pesan yang akan anda kirim pada bagian kotak teks editorUntuk menyisipkan attachment/ file lampiran (dalam contoh ini saya melampirkan gambar). Klik tombol Lampiran5. Pilih file yang akan dilampirkanKlik tombol Open6. Akan tampak satu file telah dilampirkan, untuk menambah file lain yang ingin dilampirkan, klik tombol "Lampirkan file lain"7. Klik tombol "Browse"8. Pilih file lain yang akan dilampirkan (lihat kotak dialg pada nomor 5 diatas)Klik tombol selesai9. Lihat sudah terlampir 2 file (anda bisa melampirkan lebih dari 2 file)Untuk mengirim pesan klik tombol Kirim10. Jika berhasil maka akan mucul pesan berikut Tips : Untuk menyimpan file attachment ini, caranya mudah. Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk melakukannya. Cara pertama adalah mengklik kanan keterangan file attachment setelah Anda membuka e-mailnya lalu pilih “Save As”. Selanjutnya, Anda tinggal memilih satu folder dalam hard disk untuk menampung file attachment tersebut. Sementara itu, cara kedua menggunakan perintah dari menu bar. Buka e-mail yang memiliki file attachment dengan cara klik ganda. Selanjutnya, dari menu bar klik “File Save attachment. Sekali lagi, Anda tentukan folder dalam hard disk lalu klik “OK”.


MELAKUKAN REPLY DAN FORWARD

CARA REPLY E-MAIL

Cara membalas e-mail bisa dilakukan sama seperti ketika mengirim e-mail. Hal ini berarti kita harus mengetikkan lagi Id pengirim e-mail. Berikut ini cara yang lebih praktis untuk membalas e-mail yang mana Id pengirim e-mail sudah tercantum secara otomatis.
1. Langkah pertama untuk membalas e-mail adalah membuka e-mail tersebut terlebih dahulu.
2. Klik tombol Reply (Jawaban)
3. Sebelum Anda mengetik surat balasan, sebaiknya isi surat sebelumnya dihapus terlebih dahulu. Cara mengetik surat sama seperti saat Anda mengirim e-mail.
4. Klik tombol Send (Kirim) untuk mengirim e-mail. Jika e-mail tersebut berhasil dikirim ke alamat e-mail yang dituju, maka maka akan muncul keterangan Sent (Terkirim).
5. Selanjutnya, jika Anda ingin kembali ke tampilan sebelumnya maka gunakan tombol Back, sedangkan jika Anda sudah ingin keluar dari Yahoo mail maka klik Sign Out (Keluar).Ada kalanya anda ingin surat elektronik (e-mail) anda yang berbasis webbased mail, anda teruskan ke account emai anda yang lain,misalnya ke yang berbasis imap4 and pop3, mungkin disebabkan karena anda ingin membaca email dari ponsel anda yang menggunakan wap dengan koneksi internet gprs,atau mungkin anda merasa mailbox anda yang sudah penuh, dan banyak faktor lainnya.Jadi, kesimpulannya, email forwarding / penerusan email adalah cara untuk mengalihkan email yang dikirimkan oleh orang lainke alamat email yang kita berikan ke alamat email yang kita berikan kepada orang tersebut dialihkan ke alamat email yang kita setting sendiri.Berikut ini saya ingin mensharing tips melakukan forwarding email dari yahoo ke account email lain,contohnya saya disini ingin memforward email dari : abcde@yahoo.co.id ke alamat email : abcde@gawab.com .Perlu diingat, tidak seluruh domain email yahoo bisa menggunakan fitur ini, setahu saya, domain yahoo yang mempunyai fasilitasemail forwarding adalah : yahoo.co.id (Indonesia) dan yahoo.com.sg (singapura), mungkin anda mempunyai yang lain ?Step demi step kita lakukan disini adalah sebagai berikut:
1. Login dahulu ke yahoo! mail dengan username & password anda.
2. Setelah masuk ke interface yahoo mail, pilih OPSI
3. Akses dan Penerusan POP
4. pilih antara 1. Akses Web & POP [Setelan POP] dengan 2. Meneruskan.
MENGELOLA E-MAIL
Berikut tips mengelola e-Mail secara profesional:
Ikutilah tata krama dalam mengirim email, khususnya jika email itu penting. Buatlah pesan secara singkat, terfokus dan jelas.
Hargai penerima email Anda dengan ucapan sapaan hormat semacam ‘terima kasih’ dan sebagainya. Buatlah pula subyek email dengan jelas.
Hati-hati, jangan sampai mengirim email pada orang yang salah. Teliti selalu sebelum membeli mengirim email penting.
Jangan hanya memakai 1 alamat email untuk segala urusan. Bagi-bagi alamat email Anda untuk urusan bisnis, pertemanan, mailing list dan sebagainya agar tidak menimbulkan kebingungan karena banjir email.
Mengecek seluruh akun email mungkin akan terlalu menyita waktu. Solusinya, Anda bisa memakai software gratis seperti Prompter. Software ini bisa otomatis mengumumkan email yang masuk pada pengguna serta mengorganisir email.
Jangan tekan tombol ‘kirim’ terlalu cepat. Baca ulang email Anda untuk meminimalisir kesalahan seperti salah ketik atau salah kata. Terlalu banyak kesalahan dalam email bisa mempengaruhi persepsi penerima bahwa Anda ceroboh dan tidak menghargai sang penerima pesan.

Seringkali Anda lupa bahwa Anda perlu mencantumkan ‘attachment’. Untuk itu, pastikan ‘attachment’ jangan sampai ketinggalan.
Atur email dengan mengelompokkan dan memasukkannya kedalam folder sesuai dengan kategorinya, agar kita mudah untuk mengeceknya kembali dan isi email menjadi lebih rapi.
Jangan sembarangan register keanggotaan pada satu layanan website yang menggunakan email, karena pihak penyedia layanan bisa saja memanfaatkan alamat email untuk keperluan seperti spam dan sebagainya.

MENGELOLA E-MAIL DENGAN PAKAI WEBMAIL ATAU E-MAIL CLIENT

Dengan apa Anda biasanya mengelola e-mail? Webmail atau program e-mail client seperti Outlook Express, Eudora, atau Netscape Messenger? Atau, jangan-jangan Anda masih bingung dengan perbedaan antara webmail dengan e-mail client? Jangan khawatir! Uraian berikut ini akan menjawab rasa penasaran Anda.E-mail merupakan media surat-menyurat yang dilakukan melalui media elektronik alias komputer. Dengan e-mail, komputer-komputer di seluruh dunia - yang terhubung dalam jaringan internet - bisa saling mengirim pesan, sebagaimana layaknya Anda mengirim surat kepada rekan-rekan Anda yang tingal di belahan dunia yang lain.Dilihat dari cara kerjanya, proses pengiriman e-mail sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat konvensional. Untuk mengirim surat, pertama kali Anda mengantar surat tersebut ke kantor pos terdekat. Pihak kantor pos akan mengumpulkan seluruh surat yang masuk, menyortirnya berdasarkan wilayah tujuan, lalu mendistribusikan surat-surat tersebut ke alamat tujuan masing-masing.E-mail pun bekerja dengan cara seperti itu. Ada dua protokol utama yang mengatur lalu lintas surat elektronik. Protokol pertama bernama SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), yang bisa dianalogikan sebagai kantor pos, dan berfungsi untuk mendistribusikan pesan-pesan yang Anda kirim ke alamat (baca: mail server) tujuan. Sedangkan protokol kedua bernama POP3 (Post Office Protocol version 3), yang bertugas menangani pesan-pesan elektronik yang masuk ke "kotak pos" Anda.Ketika Anda mengirim sebuah pesan elektronik, komputer Anda akan mengarahkan pesan tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke mail-server tujuan. Mail-server tujuan ini bisa dianalogikan sebagai kotak pos di pagar depan rumah Anda, atau kotak PO BOX di kantor pos. Pesan-pesan yang terkirim akan "nongkrong" di tempat tersebut hingga si pemiliknya mengambilnya. Urusan pengambilan pesan elektronik tersebut ditangani oleh protokol bernama POP3 tadi.Anda sebagai penerima e-mail memiliki keleluasaan untuk memilih, dengan program atau media apa Anda mengambil pesan-pesan yang masuk ke mail server Anda. Setiap mail server memiliki fasilitas bernama webmail yang memungkinkan Anda mengelola e-mail dari mana saja di seluruh dunia. Yang penting, komputer Anda memiliki akses internet.Webmail ini bisa diakses melalui program browser favorit Anda seperti Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, dan sebagainya. Anda tinggal mengetikkan alamat URL dari webmail tersebut (misalnya http://mail.yahoo.com atau www.hotmail.com), melakukan login dengan memasukkan username dan password, lalu Anda akan segera bisa melihat pesan-pesan yang masuk ke "kotak surat" alias inbox Anda. Inilah yang disebut sebagai "mengelola e-mail dengan webmail".Sementara POP client (atau e-mail client) adalah software pengelola e-mail yang bertugas untuk memindahkan pesan-pesan e-mail dari mail server Anda ke harddisk di komputer Anda. Karena tugasnya adalah memindahkan, maka inbox di mail server Anda akan kosong setelah pesan-pesan tersebut masuk ke komputer Anda.Ada sejumlah program e-mail client yang cukup populer, seperti Microsoft Outlook dan Outlook Express, Eudora, Netscape Messenger, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih program yang Anda sukai, atau program yang Anda anggap paling bagus. Agar pesan-pesan e-mail Anda di server bisa diambil dengan sukses oleh program e-mail client, Anda harus mengatur setting untuk POP3 dan SMTP account-nya.Untuk POP3 account biasanya bersifat fixed, tidak bisa diubah-ubah. Jika Anda menggunakan account e-mail CBN misalnya, maka POP3 accountnya adalah pop.cbn.net.id. Sedangkan SMTP account biasanya lebih fleksibel, karena tergantung dari ISP yang Anda gunakan. Misalnya Anda menggunakan account e-mail gratisan dari hotpop.com. Anda bisa menggunakan SMTP account-nya hotpop.com (smtp.hotpop.com), atau SMTP dari ISP Anda (untuk CBN, SMTP account-nya adalah smtp.cbn.net.id).Secara umum, penggunaan e-mail client akan meminimalisir "ketergantungan" Anda terhadap akses internet. Kenapa? Karena koneksi internet hanya Anda butuhkan ketika melakukan dua hal: (1) mengambil pesan-pesan e-mail dari mail server Anda, dan (2) ketika Anda hendak mengirim e-mail. Anda sama sekali tidak membutuhkan koneksi internet ketika membaca atau mengetik pesan e-mail.

MELAKUKAN DOWNLOAD ATTACHMENT DAN MEMINDAHKAN PADA MEDIA LAIN

Tulisan ini barangkali teramat sederhana bagi yang sudah terbiasa menggunakan fasilitas attach files ini, namun mungkin juga akan sangat berarti bagi pembaca yang belum pernah mencoba menggunakannya. Aplikasi e-mai adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk mengirim dan menerima e-mail. Dewasa ini aplikasi e-mail telah mengalami banyak perkembangan dengan penambahan fitur-fitur baru. Oleh karena itu aplikasi e-mail tidak hanya berguna untuk mengirim dan menerima e-mail teks biasa. Misalnya , beberapa aplikasi e-mail telah dilengkapi address book yang selain menyimpan nama dan alamat e-mail rekanan, juga dapat dipergunakan untuk menyimpan alamat rumah, kantor, nomor telepon, tanggal ulang tahun dan bahkan foto orang-orang yang kita sayangi.

Salah satu fitur yang “barangkali” belum kita pergunakan adalah attach files
(lampirkan files). Dengan fitur ini pengguna dapat mengirimkan berkas dalam bentuk apapun, baik dokumen, gambar, audio maupun video sejauh besar berkas tidak melebihi kapasitas penyedia layanan e-mail.

Untuk mempergunakan fasilitas ini mari kita ikuti langkah-langkahnya.

A. Mengirimkan e-mail dengan fitur attach files
1. Apabila kita telah membuka teks untuk menulis pada e-mail, maka pada halaman penulisan e-mail kliklah tombol “Attach Files” (….@yahoo.com) atau “lampirkan file” bagi pembaca yang mempergunakan alamat e-mail …….@yahoo.co.id
2. Ada 5 kolom sebagai tempat lokasi berkas yang akan dilampirkan. Kliklah tombol “browse” dan pilih berkas yang akan dilampirkan. Di sini pengguna dapat pula langsung menuliskan lokasi berkas di komputer lokalnya apabila tahu dengan pasti alamat/lokasi berkasnya.
3. Setelah selesai memasukkan lokasi berkas-berkas yang akan dikirimkan, kliklah tombol “Attach Files”. Tunggulah sebentar ,saat ada tulisan “Attaching files” yang menandakan bahwa file kita sedang dilampirkan. Lama waktu tunggu umumnya tergantung pada kecepatan koneksi internet dan berkas yang dilampirkan. Makin lambat koneksi internet atau makin besar berkas yang dilampirkan, makin lama waktu tunggunya.
4. Apabila berkas-berkas telah dilampirkan dengan sukses maka akan muncul “The following files have been attached” yang memberitahukan bahwa file telah dilampirkan. Selanjutnya kliklah tombol “Continue to Message”. Apabila ingin melampirkan lebih banyak berkas kliklah lagi “Attach more Files” dan ulangi tahap-tahap pengirimannya seperti langkah-langkah di atas. Bila telah selesai menulis e-mail, kliklah tombol “send/kirim”


B. Menerima e-mail
1. Sebelum membaca e-mail, sebagaimana biasa pengguna harus melakukan login dengan mengisi Yahoo!ID dan password-nya. Selanjutnya kotak pos akan muncul dengan pemberitahuan jumlah e-mail baru yang diterima pengguna. Kliklah “inbox/kotak masuk” untuk membuka kotak pos.
2. Setelah tampil daftar e-mail baru yang masuk dan diterima pengguna pilihlah e-mail yang akan dibaca terlebih dahulu. Apabila ingin menyimpan berkas teks yang dikirimkan maka kliklah “Download File” di sebelah kalimat “Plain text Attachment”. Kemudian bila kita ingin menyimpan berkas/gambar yang dikirimkan, kliklah “Save to Computer” di sebelah Thumbnail gambar.
3. Apabila telah berganti tampilan, selanjutnya kliklah “Download Attachment” untuk menyimpan berkas ke dalam komputer lokal pengguna.
4. Setelah selesai, pengguna akan dibawa kembali ke halaman isi e-mail.

CARA MENYIMPAN FILE ATTACHMENT

Download Attachment dan Memindahkan pada Media yang Lain.Membuka/menyimpan attach file:
1. Buka e-mail yang mengandung file attach.
2. Klik nama file attachment.
3. Klik scan and download attachment
4. Klik Download attachment jika file benar-benar terbebas dari virus.
5. Akan muncul kotak dialog dengan pilihan:open, untuk membuka.save, untuk menyimpan.cancel, untuk membatalkan.
6. Jika ingin menyimpan file attachment klik save, lalu pilih pada save as direktori yang ingin dijadikan tempat penyimpanan.Virus dapat ditemukan pada attachment e-mail yang anda dapatkan melalui Outlook Express. Hal ini berbeda dengan pengambilan emai di web browser yang mengijinkan anda melihat terlebih dahulu daftar e-mail, dan memilih sendiri e-mail mana yang ingin di akses atau di download.

Kode etik Penggunaan E-mail
Berikut ini beberapa aturan yang perlu kamu ketahui ketika kamu berkomunikasi melalui e-mail.
a. Hindari penggunaan huruf capital terhadap seluruh isi pesan.
b. Hormati privacy orang lain
c. Ingatlah bahwa tidak semua orang suka menerima segala hal yang kamu anggap lucu.
d. Jangan teruskan surat berantai.
e. Jangan melakukan spam.
f. Perhatikan dahulu susunan e-mail “forwards” kamu apabila ingin mengirim kembali sebagian atau seluruh pesan kepada pihak lain.
g. Selalu isi bagian subjek, jangan dibiarkan kosong.
h. Gantilah “subject” atau judul e-mail apabila topic pembicaraan kamu berubah.
i. Hapuslah pesan “Reply” yang tidak perlu.
j. Jangan mudah tersinggung, reaksi berlebihan, atau terburu-buru menghapus suatu e-mail tanpa berusaha memikirkannya dengan baik.
k. Bersabarlah dalam menunggu balasan (reply)
l. Jangan mengirim e-mail dengan lampiran yang terlalu besar
m. Hindari kesalahan ejaan ataupun tatabahasa
n. Hindari penggunaan kata-kata “pedas” karena akan membuat orang merasa tidak enak hati.
o. Baca Frquently Asked Question (FAQ) jika baru bergabung dalam sebuah kelompok diskusi.

Sabtu, 25 September 2010

BAB 2. MENGGUNAKAN INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI (XI)

A. MENDESKRIPSIKAN PELAYANAN WORLD WIDE WEB (WWW) SEBAGAI SUMBER INFORMASI
Kemampuan Internet boleh dikatakan tidak terbatas dalam mengolah informasi dan mempunayai sumber data yang tidak sedikit. Sumber daya Internet yang umum digunakan saat ini, yaitu e-mail, World Wide Web (WWW), FTP, Mailing List, dan Telnet. World Wide Web atau biasa disebut dengan web meruoakan salah satu layanan yang diperoleh pengguna komputer yang terhubung dengan Internet. Protokol yang biasa digunakan web disebut HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP. Halaman Web adalah halaman yang tampak dari sebuah software web browser. Halaman ini seperti file dokumen word-processing, kecuali didalamnya dapat terkandung text, gambar bahkan animasi. Untuk dapat membuat halaman web ini anda harus memiliki pengetahuan tentang skrip (script) HTML (hyper-text markup language). HTML akan dibahas lebih mendetail dalam bagian lain di mata kuliah ini.

Situs Web terdiri dari beberapa halaman web yang saling terkait (linked) antara yang satu dengan yang lain dengan satu cara tertentu. Kebanyakan orang masih rancu dengan definisi ini sehingga mempersulit pemahaman selanjutnya.

Salah satu keunggulan World Wide Web adalah hyperlink. Hyperlink adalah teks (biasanya) berwarna biru dan (biasanya) bergaris bawah yang dapat di-click dan akan menuju ke halaman web yang lain. Hyperlink ini apat diletakkan di mana saja di dalam halaman web dan boleh diatur untuk menuju ke mana saja di seluruh web. Saat anda mengunjungi sebuah halaman web, anda dapat secara langsung meng-click sebuah hyperlink dan komputer ini akan mengambil (mendownload) situs/halaman yang dilink pada hyperlink tersebut dan menampilkannya di web browser.

Umumnya, perancang situs web meletakkan banyak hyperlink di situs mereka untuk membantu para pengunjung situsnya untuk menemukan situs lain yang terkait dengan situs tersebut. Hyperlink-hyperlink ini dapat menghubungkan dengan situs lain di server lain di seluruh dunia.



Berikut ini beberapa bidang yang mendapatkan manfaat dari penggunaan Internet.
a. Bidang akademis
b. Bidang ekonomi dan bisnis
c. Bidang keagamaan
d. Bidang sosial
e. Bidang komunikasi
f. Bidang hiburan






B. MENGGUNAKAN MENU DAN FASILITAS PADA WEB BROWSER UNTUK MENGAKSES WEBSITE
a. Title bar
Merupakan judul dari halaman web yang sedang dibuka.
b. Menu bar
Berisi menu-menu utama, seperti manu File, Edit, View, dan menu lainnya.
c. Toolbar
Merupakan tombol-tombol standar yang sering digunakan pada saat browsing dan sebagai jalan pintas (shortcut) untuk mengakses menu-menu yang ada dalam bentuk button.
d. Address bar
Berfungsi untuk menunjukkan atau menuliskan alamat situs atau halamn web yang ingin ditampilkan.
e. Workspace
Merupakan ruang utuk menampilkan informasi dari halaman yang sedang kamu kunjungi.
f. Status bar
Berfungsi untuk menampilkan status dari situs web yang kamu buka


C. MENDESKRIPSIKAN PENGERTIAN URL DAN HOMEPAGE

1. Mengenal URL
URL (Universal Resource Locator) merupakan alamat sebuah situs atau dokumen dari sumber lainnya di Internet yang terdapat pada web. URL adalah konsep nama file standar yang diperluas dengan jaringannya.
2. Mengenal Homepage
Informasi-informasi yang terdapat di WWW dikemas dalam bentuk halaman-halaman web (web page). Sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan diletakkan dalam sebuah situs web (website). Homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan kamu lihat jika sebuah situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam World Wide Web.

D. MENDESKRIPSIKAN HYPERTEXT DAN HTML
1. Mengenal Hypertext
Di dunia web, hypertext berarti teks yang dilengkapi dengan link atau hubungan dengan tempat tujuan.
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah Protokol untuk mendownload file ke computer. Hypertext merupakan format teks yang umum digunakan di Internet.
2. Mengenal HTML
Halaman web adalah sebuah dokumen HTML. HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda (disebut sebagai tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan dengan benar.
Terdapat dua cara untuk membuat sebuah halaman web, yaitu dengan editor teks biasa, misalnya notepad dan editor HTML.

E. MENGENAL BEBERAPA STUS YANG MENYEDIAKAN FASILITAS SEARCH ENGINE
Search engine adalah situs khusus di Internet yang dirancang untuk membantu para pengguna Internet untuk menemukan informasi yang tersimpan di halaman situs lain.

Dari sekian banyak mesin pencari, yang paling popular diantaranya, yaitu :
• Google, beralamat di www.google.com
• Yahoo, beralamat di www.yahoo.com
• Alltheweb, beralamat di www.alltheweb.com
• Excite, beralamat di www.excite.com
• Lycos, beralamat di www.lycos.com
• Altavista, beralamat di www.altavista.com

F. MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE DALAM MENGAKSES INFORMASI DARI INTERNET
Search Engine selalu digunakan oleh pengguna Internet untuk mencari arti atau uraian dari sebuah kata kunci. Search engine memiliki tiga komponen penting, yaitu :
• Laba-laba (spider) yang disebut juga crawler.
Elemen spider mengerjakan akses ke situs-situs web, membaca isinya, dan kemudian mengikuti link-link yang terdapat pada situs.
• Indeks.
Indeks disebut juga katalog yang mirip dengan sebuah buku raksasa, berisi
• Software dari search engine itu sendiri.

G. MENGELOLA INFORMASI YANG DIPEROLEH.
1. Menyimpan Informasi
• Aktifkan web browser pada halaman yang kamu sukai.
• Setelah tampilan web muncul secara utuh, klik File pada pull-down menu, dan pilih Save As.
• Selanjutnya simpan Web Page dan beri nama, klik Save.
Terdapat berbagai jenis penyimpanan yang disediakan, yaitu sebagai berikut :
a. Web Page Complete (*.htm, *.html)
Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan halaman web secara lengkap.
b. Web Archive, Single File (*.mht)
Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan halaman secara lengkap dalam satu kesatuan file dengan extension *.mht.
c. Web Page HTML Only (*.htm, *.html)
Fasilitas ini digunakan hanaya untuk menyimpan file html.
2. Mencetak Informasi
• Klik menu File
• Klik Print
• Pilih jenis printer yang akan digunakan lalu klik tombol Print.

(Internet Relay Chat) menyediakan suatu cara untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang di seluruh dunia. Terdiri dari bermacam-macam "network" (jaringan atau "nets") IRC server, mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC. Nets yang terbesar adalah EFnet (IRC net yang pertama, yang kadang-kadang memiliki lebih dari 32000 pengguna IRC dalam satu saat), Undernet, IRCnet, DALnet

Sang pengguna (Anda misalnya) memiliki suatu program (yang disebut "client") untuk menghubungkan Anda dengan suatu server dari salah satu IRC nets tersebut di atas. Server-server tersebut yang anak menghantarkan informasi-informasi ke dan dari satu server ke server yang lain di dalam net yang sama.


Pada awalanya internet adalah sebuah proyek yang dimaksudkan untuk menghubungkan para ilmuan dan peneliti di Amerika, namun ini telah tumbuh menjadi media komunikasi global yang dipakai semua orang di muka bumi. Pertumbuhan ini membawa beberapa masalah penting mendasar, diantaranya kenyataan bahwa internet tidak diciptakan pada jaman Gaphical User Interface (GUI) seperti saat ini, Internet dimulai pada masa dimana orang masih menggunakan alat-alat akses yang tidak user-friendly yaitu terminal berbasis teks serta perintah-perintah command line yang panjang-panjang serta sukar diingat, sangat berbeda dengan komputer dewasa ini yang menggunakan klik tombol mouse pada layar grafik berwarna.

Kemudian orang berpikir untuk membuat sesuatu yang lebih baik. Popularitas Internet mulai berkembang pesat seperti jamur di musim penghujan setelah standar baru yaitu HTTP dan HTML diperkenalkan kepada masyarakat. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) membuat pengaksesan informasi melalui protokol TCP/IP menjadi lebih mudah dari sebelumnya. HTML (Hyper Text Markup Language) memungkinkan orang menyajikan informasi yang secara visual lebih menarik. Pemunculan HTTP dan HTML kemudian membuat orang mengenal istilah baru dalam internet yang sekarang menjadi populer, bahkan sedemikian populernya sehingga sering dianggap identik dengan internet itu sendiri, yaitu World Wide Web (WWW).



DAFTAR SUMBER DAYA INTERNET

Email singkatan dari elektronik mail yg artinya surat elektronik. Email dikirim bukan melalui kantor pos atau jasa pengiriman tetapi melalui jaringan internet dan semuanya slalu berhubungan langsung dengan internet. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet. Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan.
Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu. Dengan fasilitas ini pula Anda dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat.


FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini digunakan untuk menghubungkan ke server computer tertentu dan bila perlu menyalin (download) file yang Anda butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer Anda

Mailing list sebagai salah satu ajang berkomunikasi bagi para pengguna dan kontributornya

IRCClient-client yang direkomendasikan:
1. UNIX/Shell: ircII
2. Windows: mIRC or PIRCH
3. Macintosh: Ircle

telnet adalah salah satu fasilitas yang sering digunkan untuk meromote computer dalam suatu jaringan melalaui underdos (CMD),

Gopher adalah sistem dimana pemakai dapat mengakses informasi di komputer lain. Beda gopher dengan web adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, melainkan hanya teks. Oleh sebab itu gopher mulai banyak ditinggalkan para pemakai internet saat ini.

World Wide Web disingkat Web adalah bagian yang paling menarik dari internet. Melalui web anda bisa mengakses informasi-informasi tidak hanya berupa teks, tapi juga gambar-gambar, suara, film, dan lain-lain. Untuk mengakses web dibutuhkan software yang disebut browser. Browser terpopuler saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator.
Protocol adalah suatu mekanisme yang sudah distandarkan untuk mentransfer atau memanipulasi data. Contoh : server dan browser WWW harus mendukung protocol HTTP agar dapat digunakan.

HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah suatu protokol internet yang digunakan oleh World Wide Web. Dengan protokol ini sebuah web client (dalam hal ini browser) seperti Internet Explorer atau Netscape dapat melakukan pertukaran data hypermedia, seperti teks, gambar, suara, bahkan video dengan Web server.

Host adalah alat yang memiliki Internet Protocol (IP) address di suatu network TCP/IP atau Internet. Alat (device) tersebut dapat berupa komputer, router, antena, modem, printer. Misal : IP Address dari TELKOM adalah 202.134.0.155, jika semua alamat situs berfomat seperti ini, tentu kita kesulitan dalam mengingat namanya, untuk itulah diperlukan hostname sebagai alat bantu. Jika kita mau membuka situs syscom, kita cukup ketik http://www.syscom.co.id. [path/[filename]] adalah lokasi penyimpanan dan nama file pada suatu server.
HyperText Markup Language (HTML) Halaman web adalah sebuah dokumen HTML, artinya, untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Language), yaitu suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut sebagai Tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar. Dokumen HTML sebenarnya hanya berupa dokumen teks biasa (tujuannya agar dapat dengan mudah dipindah-pindahkan antar berbagai platform), namun kelebihannya dari dokumen yang lain adalah: dengan HTML dapat dilakukan pemformatan teks, peletakan gambar, suara dan elemen-elemen multimedia yang lain, dan yang terpenting adalah hypertext, yakni teks yang berfungsi sebagai suatu penghubung (hyperlink atau link) antara halaman web yang satu dengan halaman web lainnya.

Manfaat Internet

Bidang pendidikan :
Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu
a. sebagai media interpersonal dan massa;
b. bersifat interaktif,
c. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.


Bidang Bisnis
Manfaat internet sangat tergantung pada produk dan jasa yang akan ditawarkan. Produk yang satu memanfaatkan Internet secara berbeda dengan produk yang lainnya. Tipe atau jenis usaha pun akan turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan Internet sebagai sarana bisnisnya, apakah dia seseorang pemasok, distributor atau seorang pengecer.
Berikut ini adalah contoh pemanfaatan dan manfaat Internet sebagai media bisnis:
*) Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan
Untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah. Perjuangan untuk memperoleh pelanggan harus melalui berbagai usaha termasuk menganalisa pasar secara hati-hati, pemasaran produk dan mempunyai uji coba basis pelanggan. Internet merupakan salah satu alternatif wadah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk basis pertemuan jutaan orang di seluruh dunia. Dengan demikian untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dengan adanya kelompok yang besar di Iternet tersebut.
*) Analisa produk dan pasar
Internet dapat dijadikan tempat yang baik utuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelangganya. Analisa pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam pengembangan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Setelah produk itu diluncurkan maka perusahaan pun dapat memperoleh umpan balik sebesar tingkat kepuasan konsumen terhadap produk baru tersebut. Selain itu perusahaan juga dapat mempelajari produk pesaing dengan menelusurinya di Internet. Pemakai Internet dapat memanfaatkan informasi yang ada untuk melakukan analisa produk dan persaingannya. Hal ini sangat mempengaruhi munculnya lowongan untuk cari ide-ide baru!
*) Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya
Tidak sedikit pakar yang ada di Internet yang mempublikasikan karya-karya mereka untuk diketahui mereka untuk diketahui secara umum dan mudah diakses. Sangat sering pula kita memperoleh nasehat dan bantuan secara gratis dari para pakar tersebut tentang masalah yang kita hadapi. Jika kita membandingkannya dengan mendapatkan nasihat dari konsultan, maka kita harus membayar dengan harga sangat mahal.
*) Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja
Sekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak sekali daftar lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui Internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan
tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di Internet. Riwayat hidup tidak hanya dapat ditampilkan menggunakan web tetapi fasilitasnya juga ada di Internet seperti newsgroup atau usenet.
*) Akses informasi dan penyebaran informasi
Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita semua dapat mengakses informasi dan menyebarkan informasi dari dan ke penjuru dunia dan juga dapat membuat hubungan secara interaktif dan langsung melalui komputer. Kontak secara interaktif tersebut akan menarik dengan adanya penggunaan chat dan video conferencing. Akses dan penyebaran informasi melalui Internet dapat terjadi secara murah dan dapat langsung diakses melalui jarak yang jauh.
*) Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan biaya murah
Berbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi yang dilakukan di internet. Internet dapat juga digunakan untuk mentransfer dokumen secara online dalam waktu yang singkat. Seringkali ditemukan keterlambatan atau gagal sampai ke tujuan dalam pengantaran dokumen melalui jasa pengantar seperti pos atau perusahaan jasa lainnya.
*) Peluang bisnis baru
Banyak yang secara terus menerus memanfaatkan Internet untuk mencari ide-ide inovatif dan baru. Pemakai Internet sering memperoleh ide baru tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya di Internet tetapi juga ada nya suasana kooperatif di antara pemakai internet. Internet sering pula
dijadikan forum komunikasi di antara para peminat di bidang masing-masing.
Dari forum-forum komunikasi tersebut sering pula menimbulkan ide produk yang baru dan inovatif. Banyak fasilitas aplikasi yang tersedia di Internet di antaranya FTP, gopher, usenet, telnet, WWW. Dari berbagai fasilitas ada, WWW merupakan aplikasi yang paling banyak dipakai para pemakai individual maupun profesional atau bisnis.

Sabtu, 28 Agustus 2010

Mengenal Perangkat Keras dan Penyedia Layanan yang digunakan dalam Akses Internet (XI Bab 1)

I. KONSEP INTERNET

I.1 Sejarah Internet
Sebelum terdapat internet, ARPA (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika serikat pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghidari terjadinya pemusatan informasi.
Hal ini terjadi karena kesuksesan Uni Soviet dalam membuat Satelit Sputnik. Satelit yang hanya berukuran sebesar 2x ukuran bola kaki yang mengelilingi bumi selama 22 hari. Pada tahun 1969, ARPA berhasil menghubungkan 4 node, yakni UCLA, University of California, University of Utah dan Stanford Research Institute. Tujuan menghubungkan ke 4 node ini adalah untuk pengetahuan akademis seperti penelitian dan pengembangan teknologi.
Jaringan inilah yang dikenal sebagai ARPA Network (ARPANet). Jaringan inilah, yang kelak akan menjadi JARINGAN INTERNET.
Tujuan utama dari ARPANet adalah membangun komando dan pengendalian jaringan guna pertahanan serangan nuklir, mengingat penggunaan jaringan telepon tradisional sudah tidak aman lagi.
Berikiut inilah ringkasan perkembangan teknologi ARPANet==>Internet, yakni :
  • Tahun 1960, ilmuwan komputer melakukan riset dengan tujuan menghubungkan beberapa sistem dalam suatu jaringan.
  • Tahun 1969, ARPANet berhasil menghubungkan UCLA, University of California, University of Utha dan Stanford Research Institute.
  • Tahun 1975, pengalihan pengaturan internet ke U.S. Defense Communications Agency.
  • Tahun 1979, USENet mulai dipromosikan secara broadcast melalui newsgroup.
  • Tahun 1981, BITNet dan CSNet mulai dipromosikan di dunia maya.
  • Tahun 1982, perubahan protokol dari NCP => TCP/IP.
  • Tahun 1983, MILNet dan DDN ( Defense Data Network) memisahkan diri dari ARPANet.
  • Tahun 1984, diperkenalkannya sistem DNS (Domain Name Server).
  • Tahun 1988, pengeluaran 'worm' oleh Robert Morris untuk pertama kalinya.
  • Tahun 1990, CERN ( the European Particle Physics Laboratory in Switzerland) mengembangkan teknologi www (World Wide Web).
  • Tahun 1993, Presiden Clinton, presiden pertama yang menggunakan pengiriman surat secara elektronik dengan alamat president@whitehouse.gov.
  • Tahun 1994, audio dan video mulai ditransmisikan di dalam internet.
I.2 Prinsip Koneksi
Jaringan internet pada umumnya dimulai dari suatu jaringan yang sederhana hingga menjadi suatu jaringan yang kompleks. Jaringan sederhana adalah jaringan yang tersusun atas 2 atau lebih komputer. Sedangkan, jaringan kompleks adalah jaringan yang tersusun atas beberapa jaringan yang kompleks.

I.3 Kegunaan Internet
Kegunaan dari Internet adalah :
  1. Agar dapat mengetahui informasi secara cepat, melalui : e-mail, www, NewsGroup, dll
  2. Mengurangi biaya kertas
  3. Sebagai media promosi
  4. Komunikasi interaktif
  5. dll
I.4 Pertumbuhan Internet
  • 3.000.000 host di tahun 1994.
  • 30.000.000 host di tahun 1995.
  • Pertumbuhan host sebanyak 10% tiap bulan.
  • 100.000.000 pengguna pada tahun 1998, diperkirakan di tahun 2010 semua orang sudah terhubung ke Internet.
  • 75% penggunaan e-mail untuk bisnis.

    II.  MENDESKRIPSIKAN PERANGKAT KERAS yang DIGUNAKAN untuk MENGAKSES INTERNET
    Untuk mengakses internet, minimal host harus mempunyai seperangkat CPU, Modem dan Saluran Telepon. Berikut ini akan dijelaskan secara per aspek.

    II.1 Perangkat Komputer Pribadi ( Personal Computer)
    Perangkat keras yang paling utama dibutuhkan untuk mengakses internet adalah seperangkat komputer dengan spesifikasi tertentu yang mendukung untuk mengakses ke internet. Spesifikasi itu antara lain : seperangkat komputer dengan processor Pentium atau setaranya minimal Pentium 133 MHz, didukung RAM berkecepatan minimal 32 MB dan memiliki Harddisk berkapasitas besar, guna menampung semua program yang mendukung koneksi.

    II.2 Modem ( Modulator Demodulator)
    Modulator adalah alat yang mengubah sinyal digital=>sinyal analog. Sedangkan Demodulator adalah alat untuk mengkonversikan sinyal analog=>sinyal digital.Intinya, Modem adalah alat yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, atau sebaliknya. Kecepatan modem dalam satuan bps (bit per second). Kecepatan modem antara 300bps-56,6kbps.

    II.3 Saluran Telepon
    Saluran telepon merupakan sarana untuk dapat mengakses ke internet dan salah satu bagian terpenting untuk mengakses internet

    II.4 Software
    Untuk mengakses internet juga diperlukan software yang pendukung untuk mengakses, seperti mozilla firefox, internet explorer, google chrome dan lain-lain.

    II.5 Internet Service Provider (ISP)
    ISP merupakan suatu penyedia jasa untuk melakukan koneksi Internet, seperti Telkom. ISP lah yang bertanggung jawab akan semua kualitas dari jaringan internet.

    III. MENDESKRIPSIKAN PERAN INTERNET SERVICE PROVIDER
    Internet Service Provider (ISP) adalah suatu perusahaan yang berperan menyediakan jasa layanan akses internet baik untuk kepentingan pribadi maupun bersama. Terdapat berbagai jenis layanan yang disediakan ISP, antara lain :
    1. Dial-Up, meruoakan layanan yang disediakan untuk para pengguna internet yang ingin menggunakan akses melalui kabel telepon yang didukung oleh modem.
    2. Hotspot, merupakan layanan untuk pengguna yang membutuhkan koneksi internet pada lokasi-lokasi tertentu secara GRATIS.
    3. Mobile Access, merupakan salah satu layanan akses internet yang dapat diperoleh secara mudahdan praktis melalui perangkat telepon genggam.
    4. Wireless, merupakan layanan internet dengan teknologi tanpa kabel.
    5. Dedicated Connection, layanan internet yang terhubung secara terus menerus selama 24 jam dalam 7 hari.
    IV. MENDESKRIPSIKAN USER ID DAN PASSWORD
    Untuk memasuki suatu sistem yang terdapat pada ISP, biasanya kamu harus memasukan sebuah identitas. Nah, identitas inilah yang disebut dengan account. Account terdiri atas User ID dan password yang akan membantu kamu sekalian untuk masuk (log in) kedalam sebuah sistem.


    Sekian rangkuman yang bisa saya buat, mohon maaf apabila ada kesalahan.
    Terima Kasih....